Thursday, November 22, 2012

MODA TRANSPORTASI ASSISTEN DI PERKEBUNAN

Seorang assisten/sinder di perkebunan adalah pejabat manajerial staf yang menjadi ujung tombak organisasi dan berhubungan langsung dengan operasional perusahaan.

Bagi seorang assisten/sinder  baik Tanaman,Teknik,Pengolahan maupun Administrasi Keuangan ; mobilitas merupakan suatu kata kunci didalam melaksanakan paraktek manajerialnya. Penekanan, khususnya bagi seorang assisten/sinder  tanaman ; jarak, luasan, topografi  akan membutuhkan sarana penunjang yang handal dan bersifat multi pulporse yaitu sarana yang tangguh dan minim perawatan menghadapi kondisi yang sering ekstra berat.

Moda transportasi di perkebunan berkembang sesuai dengan kondisi dan perkembangan teknologi. Kalau kita melihat dari foto foto domumentasi lama, pada saat awal masa perkebunan ( akhir abad 19 dan diawal abad 20) moda transportasi bagi assisten/sinder  adalah dengan berjalan kaki atau menggunakan kuda. Baru di era 1920 – 1930an beberapa perusahaan perkebunan menggunakan sepeda motor sebagai kenderaan bagi assisten/sinder.
Berikut beberapa type sepeda motor yang digunakan.